Minggu, 23 Desember 2007

Ini baru permulaan

Hari pertama

by : Be2n

17 Desember 2007

Wuih, seru banget nih hidup. Tahu kenapa? Let me tell u then. Ceritanya gini, Beben sampe di garut kira-kira jam 8 pagi, tapi itu pun baru nyampe Mesjid Agung Garut belum ke tempat tujuan tugas. Liat-liat Alun-alun Garut sambil nunggu Haris (my partner). Ga lama nunggu akhirnya dia datang juga dan kita langsung cabut menuju Bank BNI. Loh ko ke bank? Bukannya langsung ke tempat tujuan? Tenang, Brur!!! Yang harus di nomor satukan tuh duit, biar kita bisa hidup lebih tenang he he he. Tapi yang namanya keinginan tuh suka ga bisa ditentuin apa bisa kita raih ato ga. Maksudnya? Ya, maksud hati megang duit tapi apa daya duitnya belon bisa diambil alias kudu nunggu sampe hari rabu. Wah kaco banget deh. Kecewa sih kecewa cuman semangat tugas ngalahin semuanya (sumpeh, beben serius). Trus? Daripada panas mulai ngebakar kulit, akhirnya kita langsung ke tempat tujuan. Ok deh bos!!! Soal perjalanannya ga usah diceritain di sini. Alhamdulillah, kita sampe di basecamp dengan selamet ga kurang satu apapun.

Salah satu hal yang bikin terharu, terperangah, terkagum-kagum dan bahkan sampe terpesona adalah “first impression” dari orang-orang di basecamp. Sungguh, it’s beyond my imagination. Tahu knapa bisa ngerasa gitu?Gini, mereka ramah banget, nerima kedatangan kita dengan sambutan yang hangat, walaupun ga pake upacara ama pengalungan bunga he he he. Yang ada di pikiran adalah bahwa mereka tuh orang-orang biasa, eh ternyata saat kita ngobrol walaupun ngaler ngidul, ada satu sisi yang sangat menarik hati. Dengan sgala kepolosan, terbuka tanpa tedeng aling2, selalu diselingi dengan candaan, lepas, bebas tapi setiap statement yang terlontar sungguh dalam, membumi kata orang tua mah. Pernyataan2nya sederhana tapi sangat masuk akal. Sebuah kenyataan yang ngebuka pikiran bahwa ternyata tingkat pendidikan sama sekali ngga nentuin keintelektualan seseorang. Satu manfaat yang bisa didapatkan jika berada di luar dunia kita sendiri. Benar kata nenek beben, beliau pernah ngomong kalo jadi orang tuh “tong kurung batokkeun” (artinya klo jadi orang jangan berwawasan sempit). Terbukti !!! Beben dapet ilmu baru.Thank’s a lot for a guy who trusted and gave this great chance for me, makasih Pa Fahmi.

Belon juga cape ini ilang, kita (Beben ama Haris) dah diajak keliling. Kata Kang Denden (koordinator CDASC Garut) sih biar cepet tau budaya di Kampung Panawuan ini. Emang budaya apaan ya? Ah, ternyata kita diajak ke padepokan silat. Nama padepokannya adalah Padepokan Riksa Raga, sekarang dipimpin oleh Kang Taufik ama Kang Barzah. Kebetulan, di dalam padepokan mereka lagi latihan. Mereka, baik yang cewe atau yang cowo sama-sama hebat. Kesan yang didapat adalah silat tuh ternyata bener-bener indah sekaligus menakutkan. Loh kok menakutkan? Teranglah, andai beben ngeganggu cewe2 yang jago silat itu, alamat wajah yang udah cakep abis dioperasi plastik ini bisa babak belur, he he he. Beautiful!!! Coba kalo para pejabat yang di atas sana ngeliat langsung gimana silat yang sebenernya, pasti mereka bakal terpesona dan ga tanggung-tanggung tuk ngeluarin dana buat ngelestariin budaya leluhur. Mudah-mudahan satu hari nanti silat bisa go internasional. I hope!!!

Ilmu dapet, pengalaman baru juga dapet loh. Pengalaman apaan tuh? NGOBOR, do u know what ngobor is? Itu loh, cari terus nangkep belut (sebelumnya digebuk dulu), malem2, di tengah sawah, dah hujan lagi. Terang aja pematang sawahnya becek dan itulah yang bikin beben sampe tisoledat (terpeleset) 12x (diitung soalnna). Cool!!! Cape banget,brur!!! Soalnya ga istirahat sama sekali sejak sampe di basecamp. Tapi beben seneng banget, sumpah!!! Karena setelah itu kita goreng tuh belut, trus makan bareng2 relawan. Indah...B E A U T I F U L L kata orang sono mah.

Hal-hal ini yang bikin beben semanget dan bikin “PD” buat nyelesein tugas berat ini. Dah ah, beben mo bobo dulu. Ntar bersambung lagi ke jilid 2.


Tidak ada komentar: